5 Museum di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi Secara Virtual

5 Museum di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi Secara Virtual

5 Museum di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi Secara Virtual

5 Museum di Indonesia yang Bisa Kamu Kunjungi Secara Virtual – Masa Pandemik membuat banyak tempat wisata terpaksa tutup sementara waktu. Hal ini juga berlaku bagi museum-museum di seluruh Indonesia.

Namun, tak perlu khawatir buat kamu yang ingin menikmati koleksi-koleksi di berbagai museum. Kamu bisa memanfaatkan teknologi idn poker apk versi lama tur virtual yang disediakan beberapa museum. Berikut deretan museum di Indonesia yang menyediakan tur virtual untuk penghilang penatmu.

1. Museum Nasional 

Museum Nasional merupakan salah satu museum terbesar dan terlengkap di Indonesia. Kamu bisa melihat koleksi lebih dari 140 ribu benda bersejarah. Koleksi ini terbagi dalam tujuh jenis, yakni prasejarah, arkeologi, keramik, numismatik-heraldik, etnografi, sejarah, dan geografi.

Museum Nasional berada di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Kali ini kamu bisa mengunjungi secara virtual melalui situs https://artsandculture.google.com/partner/museum-nasional-indonesia. 
2. Museum Kebangkitan Nasional 

Museum Kebangkitan Nasional berlokasi di Jalan Dr. Abdul Rahman Saleh Nomor 26, Senen, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Museum ini juga menyediakan tur virtual.

Kalian bisa menyaksikan koleksi museum dengan total 2.042 koleksi. Di antaranya berupa bangunan, mebel, jam dinding, gantungan lonceng, perlengkapan kesehatan, pakaian, senjata, foto, lukisan, patung, diorama, peta, dan miniatur.

Kalian bisa mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional secara virtual di http://virtualtour.muskitnas.net. 

3. Museum Sumpah Pemuda 

Satu lagi museum yang dapat dikunjungi secara virtual adalah Museum Sumpah Pemuda. Lokasi museum ini berada di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Kwitang, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Kamu bisa menyaksikan foto-foto para pejuang, diorama, dan patung replika wajah para pejuang yang merumuskan Sumpah Pemuda. Ada pula ruangan yang didedikasikan untuk W.R. Soepratman yang berjasa membuat lagu kebangsaan RI.

Kunjungi Museum Sumpah Pemuda di situs https://indonesiavirtualtour.com/contents/museum-sumpah-pemuda. 

4. Museum Bank Indonesia 

Museum Bank Indonesia merupakan berada di bangunan cagar budaya peninggalan De Javasche Bank. Bangunan ini beraliran neo-klasikal dan mendapat pengaruh lokal. Dibangun pertama kali pada 1828.

Museum ini menyimpan sekitar 750 ribu koleksi yang sebagian besarnya adalah uang. Mulai dari uang kertas hingga logam dengan berbagai pecahan.

Salah satu uang tertua yang tersimpan di museum ini adalah Uang ORI (Oeang Republik Indonesia) Emisi I bernilai setengah rupiah tertanggal 17 Oktober 1945.

Museum Bank Indonesia beralamat di Jalan Lada 3, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Kamu bisa mengunjunginya secara virtual di laman http://idvr360.com/vr360/museum/mbi/mbi.html. 

5. Museum Tekstil 

Last but not least, ada Museum Tekstil yang bisa kamu kunjungi secara virtual. Lokasinya berada di Jalan K.S. Tubun Nomor 2-4, Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat.

Terdapat lebih dari 2.300 koleksi batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, beserta koleksi alat tenun. Museum Tekstil bisa kamu kunjungi secara virtual di laman https://artsandculture.google.com/streetview/museum-tekstil/fQHU6rG60eHGGw.

Comments are closed.