5 Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemik, Stamina adalah Kunci

5 Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemik, Stamina adalah Kunci

5 Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemik, Stamina adalah Kunci

5 Tips Mendaki Gunung di Masa Pandemik, Stamina adalah Kunci – Wabah virus corona memaksa semua orang untuk tetap berada di rumah sementara waktu. Namun kita semua tahu meski pandemik virus corona belum mereda, kegiatan mendaki gunung mulai diperbolehkan dengan peraturan dan protokol kesehatan yang ketat. Banyak gunung yang mulai dibuka untuk pendakian dan terpantau semakin ramai.

Jika kamu berniat mendaki gunung di masa pandemik, ada beberapa tips Apk IDN Poker yang bisa kamu lakukan supaya tetap aman dan nyaman. Yuk, intip tips-tipsnya berikut ini!

1. Pastikan fisik dan mental benar-benar sehat 

Penting untuk memastikan kondisi fisik dan mentalmu benar-benar dalam keadaan sehat. Jangan memaksakan mendaki jika kondisi tubuh sedang tidak sehat atau kurang fit. Hal ini tentu akan membahayakan diri sendiri dan rekan pendakianmu.

Sangat disarankan berlatih terlebih dahulu sebelum mendaki. Kamu bisa berolahraga, seperti jogging atau berjalan kaki sembari membawa beban, supaya tubuh tidak kaget.

2. Mendaki dengan rencana yang matang 

Jangan pernah mendaki tanpa rencana yang matang. Kegiatan mendaki gunung bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak direncanakan dengan matang.

Rencanakan logistik dengan baik. Kamu bisa mulai memperhitungkan bekal makanan dan minuman yang cukup untuk diri sendiri dan kelompokmu. Sangat disarankan membawa makanan praktis dengan kalori yang tinggi.

Hal penting lainnya adalah memperhitungkan medan dan cuaca di gunung tujuanmu. Kamu bisa mencari informasi tentang medan gunung yang akan kamu kunjungi.

Meskipun cuaca di gunung sangat tidak sulit diprediksi, setidaknya bisa mengetahui informasi awal cuaca di wilayah tersebut. Kondisi medan dan cuaca nantinya juga akan memengaruhi logistik yang akan kamu bawa.

3. Perhatikan regulasi baru di gunung tertentu 

Perhatikan pula regulasi baru di gunung-gunung tujuanmu. Biasanya pengelola memiliki aturan baru yang lebih ketat untuk mencegah penularan virus corona. Jangan pernah melanggar regulasi atau aturan yang sudah ditetapkan ya.

Sebelum mendaki, kamu harus paham aturan tentang maksimal kapasitas, lama waktu yang diberikan, cara pendaftaran, dan aturan-aturan penting lainnya.

4. Usahakan menggunakan perlengkapan dan peralatan pribadi 

Usahakan untuk selalu menggunakan perlengkapan dan peralatan pribadi, seperti alat makan, alat tidur, atau alat mandi. Hindari pinjam dan meminjamkan barang ke orang lain selama masa pandemik. Pasalnya, virus corona juga dapat mudah menyebar lewat perantara benda.

Jangan lupa juga untuk selalu membawa hygiene kit dan masker tambahan. Hygiene kit terdiri dari hand sanitizer, disinfectan spray, tisu basah, tisu kering, dan sabun cair.

5. Selalu terapkan 3M 

Last but not least, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol 3M saat mendaki gunung. Di antaranya memakai masker dengan benar, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir secara berkala, serta menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain.

Protokol kesehatan 3M diharapkan ampuh memutus rantai penularan virus corona. Jadi selalu patuhi aturannya ya!

Comments are closed.