Ini Tips Yang Menunjukan Kalau Kamu Traveler yang Bertanggung Jawab

Ini Tips Yang Menunjukan Kalau Kamu Traveler yang Bertanggung Jawab

Ini Tips Yang Menunjukan Kalau Kamu Traveler yang Bertanggung Jawab

Ini Tips Yang Menunjukan Kalau Kamu Traveler yang Bertanggung Jawab – “Indonesia itu indah”. Slogan ini memang selalu mengingatkan betapa Indonesia kaya akan ragam budaya, adat istiadat, hingga panoramanya. Berbagai referensi tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan memesona bisa kamu temui.

Tak dapat dipungkiri semua orang tengah merindukan untuk traveling ke berbagai lokasi wisata. Memang benar, berpergian bermanfaat untuk merefresh pikiran dan mereduksi stres. Berpergian bahkan bisa mengalirkan kembali kreativitas kita.

Bukan lagi rahasia ada beberapa lokasi wisata Login IDN Poker dirusak oleh wisatawan tak bertanggung jawab.  Namun sebenarnya merusak ekosistem dan keindahan alam di sekitarnya. Agar tak sampai melakukan hal serupa, berikut beberapa tips menjadi traveler bertanggung jawab di berbagai lokasi wisata.

  • Patuhi Protokol Kesehatan

Kamu wajib mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan di berbagai tempat wisata. Seperti menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan, hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut, hingga membawa hand sanitizer. Apabila kamu sedang tidak dalam kondisi fit, jangan memaksakan diri untuk berwisata. Bila tiba-tiba mengalami gejala batuk, demam, nyeri tenggorokan, segera periksakan diri di fasilitas kesehatan yang ada di lokasi wisata.

  • Jangan Buang Sampah Sembarangan

Membuang sampah dengan bijak merupakan tanggung jawab setiap orang di mana pun berada. Apalagi kalau kamu sedang mengunjungi tempat wisata. Satu bungkus plastik yang kamu buang sembarangan saja bisa berdampak besar. Pasalnya, akan ada orang yang mengikuti ‘jejak’ kamu mencampakkan sampah di tempat yang sama. Untuk mengurangi dampak penggunaan plastik dan menjaga higienitas saat di tempat wisata, kamu bisa membawa sendiri perlengkapan makan dan minum dari rumah.

Tak perlu menunggu ada peraturan tertulis atau larangan membuang sampah yang dicetak dengan huruf besar. Buanglah sampahmu pada tempatnya.

  • Jangan Merusak

Jangan mentang-mentang sudah membayar beberapa puluh ribu untuk tiket masuk, lantas kamu merasa sudah sewajarnya kalau bunga di taman yang kamu kunjungi rusak karena terinjak oleh sepatumu. Sudah sewajarnya kalau kamu mencampakkan botol plastik di bawah pohon. Sudah sewajarnya kamu memetik satu atau dua batangbunga.

Mari hentikan pola pikir seperti ini. Ini adalah mentalitas orang-orang yang tak mau diajak maju. Justru karena kamu sudah membayar, jadi kewajiban bersama untuk menjaga kelestarian tempat wisata yang kamu kunjungi. Selain itu, ada wisatawan lain yang juga punya hak untuk menikmati fasilitas.

  • Patuhi Peraturan

Pihak pengelola tempat wisata yang kamu kunjungi membuat berbagai peraturan untuk menjaga kelestarian tempat tersebut. Jadi, sebaiknya mematuhi aturan dan larangan yang sudah dibuat.

Justru karena orang lain tidak mengindahkan peraturan, jangan sampai kamu ikut memperparah kerusakan dengan melakukan hal yang sama. Semakin banyak tempat wisata yang rusak, maka semakin sedikit tempat indah di Nusantara yang bisa dieksplorasi keindahannya.

  • Bersikap Sopan kepada Penduduk Sekitar

Tanggung jawab pengunjung bukan cuma terhadap lingkungan. Hargailah penduduk yang hidup dan mencari nafkah di sekitar tempat wisata. Jangan arogan dan sebisa mungkin patuhilah norma yang berlaku di sana.

Mengenai penduduk setempat yang mencoba mencari nafkah sampingan lewat wisatawan, tak perlu kasar kalau kamu tak ingin menggunakan jasa mereka. Tolak dengan halus. Jika tidak bisa, tolak dengan tegas tanpa menimbulkan keributan.

  • Bertanggungjawab Terhadap Keselamatan Sendiri

Tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan sudah, menghargai penduduk sekitar juga sudah. Satu hal lagi yang tak kalah penting adalah memastikan keselamatan diri sendiri. Jangan sampai mengalami hal-hal yang tidak diinginkan karena lupa terhadap keselamatan sendiri.

Comments are closed.