Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Surabaya

Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Surabaya

Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Surabaya

Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Surabaya – Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya tidak hanya terkenal dengan mall dan pantai atau kebun binatangnya saja. Selagi berkunjung ke sana, rasanya akan tambah lengkap kalau kamu mampir dan berwisata dengan kuliner legendarisnya.

Surabaya, tidak hanya dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, tapi juga menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa di masa silam dalam melawan penjajahan. Hal ini menjadikan Surabaya pun dijuluki dengan kota Pahlawan. Dan kini, Surabaya pun terkenal dengan kulinernya yang unik dan khas.

Oleh karena itu, datang ke kota Surabaya jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner lokal yang sangat beragam. Salah satu kuliner khas Surabaya yang terkenal dan memiliki cita rasa asin adalah bumbu petis. Namun, masih banyak makanan khas Surabaya yang lezat dan wajib untuk dicicipi.

Kuweh Dollar

Kuweh dollar menjadi salah satu jajanan khas Surabaya yang istimewa karena kue ini tetap eksis dari dulu hingga sekarang. Sesuai namanya, kuweh dollar bentuknya mirip dengan kepingan koin yang bulat dan pipih. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, air, telur ayam dan bahan lainnya yang kemudian diberi varian rasa seperti vanila, coklat, keju, wijen, durian, dan yang lainnya.

Kuweh dollar yang terkenal di Surabaya sejak dulu hingga kini adalah Kuweh Dollar Tjap Masin yang sudah ada sejak 1936. Kuweh Dollar Tjap Masin ini berlokasi di pasar Atom Main Hall tahap I, III. Untuk kemasan 150 gram, kuweh dollar ini dijual seharga Rp 23.000 dan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Tahwa

Tahwa merupakan jajanan yang terbuat dari sari kacang kedelai. Bentuknya mirip dengan puding, warnanya putih seperti susu dan memiliki tekstur yang lembut. Tahwa ini kerap dijadikan sebagai jajanan untuk menghangatkan tubuh karena disajikan dengan kuah wedang jahe hangat.

Tahwa meski digemari oleh masyarakat Surabaya, tapi santapan yang satu ini sesungguhnya merupakan kuliner khas dari etnis Tionghoa. Penjual tahwa sangat mudah dijumpai di Surabaya karena banyak yang menjajakannya di pinggir jalan.

Salah satu tahwa yang digemari oleh masyarakat Surabaya adalah tahwa Cak Man yang sering mangkal pada pagi hari di Jl. Kertajaya Gubeng, Kota Surabaya. Selain itu juga ada tahwa Penjaringan Sari yang bisa ditemukan di depan perumahan Penjaringan Sari dekat patung polisi Medokan 3 Surabaya. Satu porsi tahwa yang enak ini dijual seharga Rp 5.000.

Kue Bikang Peneleh

Jajanan khas Surabaya yang legendaris dan banyak dicari adalah kue bikang peneleh. Kue yang mirip dengan sarang semut ini sudah ada sejak puluhan tahun silam dan kini menjadi salah satu pusaka kuliner dari Surabaya.

Untuk mencoba enaknya kue ini kamu bisa datang ke toko Kue Bikang Peneleh yang beralamat di Jl. Peneleh 32-34 atau di pasar Atum stand promosi tahap III, Surabaya. Toko kue yang sudah berdiri selama 30 tahun ini menjual 2 varian kue bikang, yakni kue bikang pandan dan cokelat. Satu buah kue bikang ini dijual seharga Rp 5.500.

Lemet

Lemet atau yang dikenal juga dengan utri merupakan jajanan pasar khas Surabaya berbahan dasar singkong, gula jawa, dan kelapa parut. Kue yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus ini memiliki tekstur yang empuk dan kenyal sehingga menjadi teman yang pas untuk minum teh.

Rasanya legit dan hadir dalam berbagai varian rasa yang membuat rasa kue ini makin lezat. Penasaran dengan jajanan yang satu ini? Kamu bisa membelinya di pasar-pasar tradisional yang ada di Surabaya. Harga kue ini juga sangat murah, yakni Rp 500 saja per buahnya.

Comments are closed.